Minggu, 29 November 2015

Perencanaan Preventive Maintenance

Pemeliharaan Preventif merupakan sistem pemeliharaan yang bisa diandalkan untuk menekan terjadinya gangguan mendadak (breakdown) pada peralatan pabrik. Gangguan yang terjadi secara mendadak sangat potensial untuk menimbulkan kerugian besar pada proses produksi. Akibatnya bisa berupa kegagalan dalam mencapai target produksi, ketiadaan personil, ketidaksiapan sukucadang dan sebagainya. Penerapan sistem pemeliharaan ini memiliki kiat-kiat tertentu dalam penerapannya yang dimulai dari penyusunan standar, rencana kegiatan, supervisi pelaksanaan, evaluasi dan analisis hasil pemeliharaan dan sebagainya.
Melalui paket ini Anda akan mampu "menjinakkan" mesin/alat sehingga diperoleh efisiensi yang tinggi.

Pelatihan Perencanaan Preventive Maintenance diselenggarakan di P2M Departemen Teknik Mesin, FTUI - Salemba, Dilaksanakan tanggal 30 November s/d 2 Desember 2015

Para Pengajar :
Ir. Seto Tjahyono, MT
Muhamad Adhitya, ST., M.Sc

Selasa, 24 November 2015

Pengenalan Sistem dan Peralatan Mekanikal, Elektrikal, Plambing dan Sipil pada Bangunan Gedung


Pelatihan Pengenalan Sistem dan Peralatan Mekanikal, Elektrikal, Plambing dan Sipil pada Bangunan Gedung diselenggarakan di FEUI - Depok, Dilaksanakan tanggal 21, 28 November s/d 5, 12 Desember 2015


Para Pengajar :
Abdullah
Ir. Imam Halimi, M.Si
Ir. Rusdi Malin, M.Eng
Teguh Iman Santoso, ST., MT
Ir. Mas'ud Dohim, MM., IPM
Ir. Ricky Rumindo

Pemeliharaan Peralatan Mekanikal, Elektrikal dan Plambing pada Bangunan Gedung


Pelatihan Pemeliharaan Peralatan Mekanikal, Elektrikal dan Plambing pada Bangunan Gedung diselenggarakan di BPPT - Jakarta, Dilaksanakan tanggal 24 s/d 25 November 2015


Para Pengajar :
Dr. Ir. Imansyah Ibnu Hakim, M.Eng
Ir. Rusdi Malin, M.Eng
Ismujianto, ST., MT



Rabu, 18 November 2015

Teknologi Mekanik Lanjutan

Tujuan :
Peserta dapat memahami dan mengaplikasikan konsep-konsep teknologi mekanik pada bidang pengukuran dan pengujian sistem mekanik.
Kompetensi :
  1. Peserta mampu menjelaskan jenis dan sifat material dan kekuatan mekaniknya
  2. Peserta mampu menjelaskan tentang jenis-jenis proses pengerjaan logam
  3. Peserta mampu memahami penggunaan mesin-mesin perkakas : mesin bor, bubut, skrap, freis, drill, gerinda, solder, las dan sepuh
Pelatihan Teknologi Mekanik Lanjutan diselenggarakan di Engineering Center - FTUI - Depok, Dilaksanakan tanggal 2 s/d 18 November 2015

Rabu, 11 November 2015

Reliability : Dasar Perhitungan dan Analisa

Untuk menilai performance alat, biasanya disamakan parameter terukur seperti : Reliability, Availability dan Maintainability modul ini khusus untuk peserta yang ingin melakukan analisa Reliability terhadap alatnya/equipment/unit yang berada  di satuan kerjanya

Memang telah ada modul komputer/aplikasi software untuk menghitung reliabillitas, tetapi modul ini memberikan dasar pemahaman bagaimana reliability  diatur

Pelatihan Reliability : Dasar Perhitungan dan Analisa diselenggarakan di P2M DTM FTUI - Salemba, Dilaksanakan tanggal 12 s/d 13 November 2015

Para Pengajar :
Dr. Yudan Whulanza, ST., M.Sc
Muhamad Adhitya, ST., M.Sc

Training Untuk Perencana Pemeliharaan (Maintenance Planner Development)

Maintenance adalah salah satu fungsi bisnis yang kritikal, memberikan pengaruh pada resiko komersial, keluaran produk, kualitas produk, ongkos produksi, keselamatan kerja dan
lingkungan. Pengendalian maintenance merupakan bagian penting dari upaya pengendalian ongkos produksi untuk mencapai maksimum profit.


Maintenance planning and schedulling merupakan jantung dari bagian pemeliharaan. Planning and scheduling yang baik adalah suatu heharusan untuk mencapai maintenance yang efektif dan efisien.

Pelatihan Training Untuk Perencana Pemeliharaan (Maintenance Planner Development) diselenggarakan di P2M DTM FTUI - Salemba, Dilaksanakan tanggal 11 s/d 13 November 2015

Pengajar :
Andrie Novera, ST
Ir. Seto Tjahyono, MT

Pengukuran Kepuasan Pelanggan

Kepuasan konsumen adalah tingkat perasaan konsumen setelah membandingkan antara apa yang dia terima dan harapannya. Seorang pelanggan, jika merasa puas dengan nilai yang diberikan oleh produk atau jasa, sangat besar kemungkinannya menjadi pelanggan dalam waktu yang lama.

Menurut Philip Kotler dan Kevin Lane Keller  yang dikutip dari buku Manajemen Pemasaran mengatakan bahwa Kepuasan Konsumen adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan kinerja (hasil) produk yang dipikirkan terhadap kinerja yang diharapkan.

Memuaskan kebutuhan konsumen adalah keinginan setiap perusahaan. Selain faktor penting bagi kelangsungan hidup perusahaan, memuaskan kebutuhan konsumen dapat meningkatkan keunggulan dalam persaingan. Konsumen yang puas terhadap produk dan jasa pelayanan cenderung untuk membeli kembali produk dan menggunakan kembali jasa pada saat kebutuhan yang sama muncul kembali dikemudian hari. Hal ini berarti kepuasan merupakan faktor kunci bagi konsumen dalam melakukan pembelian ulang yang merupakan porsi terbesar dari volume penjualan perusahaan.

Pelatihan Pengukuran Kepuasan Pelanggan diselenggarakan di Hotel Bumi Wiyata - Depok, Dilaksanakan : 
Angkatan 1 :tanggal 10 s/d 11 November 2015.
Angkatan 2 :tanggal 12 s/d 13 November 2015.

Pengajar :
Dr. Ir. Henky Suskito Nugroho, MT
Ir. Erlinda Muslim, MEE

Pelatihan Microsoft Office Excel Lanjutan

Merupakan program dari Microsoft Office yang dikhususkan untuk pengolahan lembar kerja (worksheet) atau biasa dikenal dengan istilah spreadsheet program. Excel biasa identik dengan pengolahan angka, dengan menggunakan Excel kita dapat membuat proposal biaya, rencana bisnis, form aplikasi, buku kerja akuntansi, dan masih banyak jenis dokumen lain yang memerlukan perhitungan angka. Selain itu lembar kerja Excel juga dapat menampilkan data dalam bentuk grafik dan gambar. Pengolahan database sederhana juga dimungkinkan dalam aplikasi Microsoft Excel.

Pelatihan Microsoft Office Excel Lanjutan diselenggarakan di PAF - Depok, Dilaksanakan tanggal 9 s/d 23 November 2015.


Pengajar :
Gerry Liston Putra, ST., MT

Sistem Instalasi dan Proteksi Jaringan Listrik

Listrik adalah sarana yang sangat vital pada Industri atau Gedung, Kesalahan dalam pemasangan suatu instalasi listrik dapat mengakibatkan k...