Kepuasan konsumen adalah tingkat perasaan konsumen setelah membandingkan antara apa yang dia terima dan harapannya. Seorang pelanggan, jika merasa puas dengan nilai yang diberikan oleh produk atau jasa, sangat besar kemungkinannya menjadi pelanggan dalam waktu yang lama.
Menurut Philip Kotler dan Kevin Lane Keller yang dikutip dari buku Manajemen Pemasaran mengatakan bahwa Kepuasan Konsumen adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan kinerja (hasil) produk yang dipikirkan terhadap kinerja yang diharapkan.
Memuaskan kebutuhan konsumen adalah keinginan setiap perusahaan. Selain faktor penting bagi kelangsungan hidup perusahaan, memuaskan kebutuhan konsumen dapat meningkatkan keunggulan dalam persaingan. Konsumen yang puas terhadap produk dan jasa pelayanan cenderung untuk membeli kembali produk dan menggunakan kembali jasa pada saat kebutuhan yang sama muncul kembali dikemudian hari. Hal ini berarti kepuasan merupakan faktor kunci bagi konsumen dalam melakukan pembelian ulang yang merupakan porsi terbesar dari volume penjualan perusahaan.
Pelatihan Pengukuran Kepuasan Pelanggan diselenggarakan di Hotel Bumi Wiyata - Depok, Dilaksanakan :
Angkatan 1 :tanggal 10 s/d 11 November 2015.
Angkatan 2 :tanggal 12 s/d 13 November 2015.
Angkatan 1 :tanggal 10 s/d 11 November 2015.
Angkatan 2 :tanggal 12 s/d 13 November 2015.
Pengajar :
Dr. Ir. Henky Suskito Nugroho, MT
Ir. Erlinda Muslim, MEE
Ir. Erlinda Muslim, MEE
Tidak ada komentar:
Posting Komentar