Minggu, 29 Juni 2014

Training " Operasi dan Pemeliharaan Boiler “


Pemeliharaan Boiler Selama Masa Operasi akan dapat berumur panjang apabila tidak dilaksanakan pemeliharaan secara seksama (intensif), baik dalam masa operasi maupun dalam masa penyimpanan. Pemeliharaan secara seksama dalam masa operasi dimaksud adalah bagaimana cara mengoprasikan Sesuai dengan petunjuk yang berlaku atau yang sesuai dengan design pembuat boiler tersebut.

Disamping itu pula, maka penggunaan air umpan juga harus sesuai atau memenuhi syarat sebagai air pengisi. Yang jelas bahwa air pengisi boiler harus bebas dari zat-zat yang dapt merusak boiler, baik korosi maupun kerak. Untuk mencegah hal demikian, maka dilakukan perlakuan external treatment dan internal treatment, misalnya di pasang PH control pada condensate line, atau dilakukan Water treatment untuk raw Water, juga penginjeksian chemical pada feed  Water dan boiler Water.

Untuk mengetahui bahwa sifat-sifat air sudah memenuhi syarat, maka dilakukan penelitian air pengisi dan air boiler secara intensif di laboratorium. Denga menjaga angka-angka yang disajikan sebagai air pengisi dari air boiler berarti juga membantu penggunaan boiler berumur panjang.

Training  " Operasi dan Pemeliharaan Boiler ". Dilaksanakan di P2M DTM FTUI, Jakarta. tanggal 23 s/d 25 Juni 2014, Para peserta dari IP Unit Bisnis Pemeliharaan

Para Pengajar :
Dr. Ir. Adi Surjasatyo, M.Eng
Ir. Agung Subagio, Dipl. Ing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sistem Instalasi dan Proteksi Jaringan Listrik

Listrik adalah sarana yang sangat vital pada Industri atau Gedung, Kesalahan dalam pemasangan suatu instalasi listrik dapat mengakibatkan k...