Senin, 10 November 2014

Optimalisasi Pemeliharaan Preventif

Maintenance merupakan salah satu dari controllable operating cost terbesar dalam suatu industri padat modal. Maintenance merupakan fungsi bisnis yang kritikal., yang mempengaruhi resiko komersil, output, kualitas, biaya produksi, keselamatan dan performance lingkungan.
 
Kebanyakan industri menggunakan PM (preventive maintenance) sebagai sistem maintenancenya. Kegiatan PM meliputi inspeksi dan cek serta repair sebagai tindakan koreksi dan bertujuan untuk mencegah kerusakan. Dalam PM, kegiatan maintenance dilakukan berdasarkan pada waktu yang telah ditetapkan (time based) atau berdasarkan pada kondisi alat (condition based).
 
Program PM biasanya disusun berdasarkan pada manual, rekomendasi pabrik dan pengalaman tanpa melakukan analisa resiko untuk menentukan prioritas. Hal ini menyebabkan sebagian besar kegiatan maintenance kurang efektif sehingga menyebabkan pemborosan.

Pelatihan Optimalisasi Pemeliharaan Preventif diselenggarakan di P2M DTM FTUI, Salemba. Dilaksanakan tanggal 4 Oktober s/d 6 November 2014.

Para Pengajar :
Andrie Novera, ST
Gunawan, ST, MT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sistem Instalasi dan Proteksi Jaringan Listrik

Listrik adalah sarana yang sangat vital pada Industri atau Gedung, Kesalahan dalam pemasangan suatu instalasi listrik dapat mengakibatkan k...