Minggu, 05 November 2017

Perencanaan dan Perancangan Sistem Listrik pada Bangunan dan Industri

Kebutuhan tenaga listrik pada bangunan dan industri saat ini dirasakan semakin meningkat, sebagai akibat dari banyaknya gedung / bangunan baru. Fungsi sistem instalasi listrik ialah untuk menunjang segala kegiatan yang dilakukan penghuni baik untuk penerangan maupun operasi mesin - mesin / perangkat yang memerlukan tenaga listrik. Jumlah kebutuhan tenaga listrik sangat bervariasi dan tergantung pada jenis, luas lantai dan fungsi bangunan itu sendiri. Dengan demikian perhitungan kebutuhan tenaga listrik yang tepat akan menentukan keadaan sistem kelistrikan dan keamanan bagi penghuni.

Kasus - kasus kecelakaan akibat kebakaran gedung yang terjadi belakangan ini banyak disebabkan oleh akibat instalasi listrik. hal ini menunjukkan bahwa segi perancangan, pemasangan dan perawatan instalasi listrik harus dipahami oleh para perancang dan pengelola gedung. Dalam perancangan instalasi listrik banyak faktor yang harus diperhitungkan. Baik dari segi teknis, prosedur maupun ketentuan dan peraturan - peraturan yang harus diikuti.

Sebagai upaya untuk lebih meningkatkan pengetahuan dalam perancangan instalasi listrik, perlu suatu penyegaran ilmu bagi para perancang dan teknisi, yang dituangkan dalam bentuk paket pelatihan yang dititik beratkan pada perancangan sistem kelistrikan termasuk instalasinya. Sekaligus sebagai ajang tukar menukar informasi dan pengalaman.

Pelatihan Perencanaan dan Perancangan Sistem Listrik pada Bangunan dan Industri diselenggarakan di P2M - Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Tanggal, 6 s/d 10 November 2017.

Para Pengajar :
Ir. A. Damar Aji, M.Kom
Drs. Kusnadi, ST., M.Si
Purwadi Ismawarto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sistem Instalasi dan Proteksi Jaringan Listrik

Listrik adalah sarana yang sangat vital pada Industri atau Gedung, Kesalahan dalam pemasangan suatu instalasi listrik dapat mengakibatkan k...