Senin, 06 April 2015

Gas Sweetening (CO2 & H2S Removal)

Proses Pengolahan Gas Alam adalah proses industri yang kompleks dirancang untuk membersihkan gas alam mentah dengan memisahkan kotoran dan berbagai non-metana hidrokarbon dan cairan untuk menghasilkan apa yang dikenal sebagai dry natural gas. Pengolahan Gas alam dimulai sumur bor.

Komposisi gas alam mentah yg diekstrak dari sumur bor tergantung pada jenis, kedalaman, dan kondisi geologi daerah. Minyak dan gas alam sering ditemukan bersama-sama dalam yang sama reservoir. Gas alam mentah harus dimurnikan untuk memenuhi standar kualitas yang ditetapkan oleh perusahaan pipa transmisi utama dan distribusi.

Gas alam mentah kemudian dialirkan ke pabrik pengolahan di mana pemurnian awal biasanya menghilangkan kandungan asam (H2S dan CO2). Proses yang dipakai pada umumnya adalah Amine Treating yang biasa disebut Amine Plant. Gas alam bisa disebut sweet gas ketika relatif bebas dari hidrogen sulfida, namun, gas yang mengandung hidrogen sulfida disebut sour gas.

Training Pengolahan Gas (Pemisahan Gas H2S dan CO2) atau H2S AND CO2 REMOVAL ini bertujuan peserta mampu memperluas pengetahuan mereka pada mata pelajaran terkait atau wilayah tanggung jawabnya, mempelajari lebih lanjut tentang prinsip-prinsip pemisahan H2S dan CO2, mengidentifikasi dan mendiskusikan fungsi dari setiap komponen yang digunakan dalam proses, dan diagram alir unit amina berdiskusi dan berkonsultasi masalah-masalah khusus mereka mereka akan membawa ke kelas, dan berbagi pengalaman dengan orang lain.

Setelah menyelesaikan kursus pengolahan gas (pemisahan H2S dan CO2) ini, peserta akan memahami bagaimana setiap komponen di unit beroperasi, pengaruh variabel proses, apa dan bagaimana memantau unit dan membuat penyesuaian yang diperlukan, apa dan bagaimana melakukan perawatan rutin, dan troble shooting masalah umum yang mempengaruhi operasi yang tepat unit, dalam rangka mencapai tujuan pemanis gas.

Pelatihan Gas Sweetening (CO2 & H2S Removal) diselenggarakan di Hotel Lumire, Senen, Jakarta Pusat. Dilaksanakan tanggal 7 s/d 10 April 2015 

Para Pengajar :
Prof. Dr. Ir. Slamet, MT
Dr. Ir. Sukirno, M.Eng
Djoko Sulistyono
Sutrianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sistem Instalasi dan Proteksi Jaringan Listrik

Listrik adalah sarana yang sangat vital pada Industri atau Gedung, Kesalahan dalam pemasangan suatu instalasi listrik dapat mengakibatkan k...